Membuat Meeting di Sharepoint 2010 Workspace



Sharepoint adalah kolaborasi. Sebagai solusi atau tools yang digunakan untuk kolaborasi, SharePoint Server 2010 menyediakan suatu situs yang bernama Meeting Workspace. Sebuah Meeting Workspace adalah sebuah situs web untuk mengumpulkan semua hal, informasi dan bahan-bahan untuk satu atau lebih pertemuan (meetings). Jadi, jika sebelumnya bahan pertemuan Anda – seperti agenda, dokumen terkait, tujuan, dan tugas-tugas – sering tersebar, maka Meeting Workspace dapat membantu Anda menjaga mereka semua dalam satu tempat.

Meeting Workspace dapat digunakan antara lain dengan cara:
  • Mempublikasikan agenda, daftar peserta meeting, dokumen-dokumen, topik pertemuan dan hal-hal lain yang dapat didisikusikan di dalam suatu pertemuan sebelum pertemuannya dilaksanakan
  • Mendokumentasikan tambahan dokumen, perubahan dokumen, pembagian tugas dan keputusan-keputusan pada saat pertemuan berlangsung.
  • Mempublikasikan MoM, informasi-informasi hasil pembahasan, memantau status tugas-tugas yang berjalan sesudah pertemuan selesai.
Suatu Meeting Workspace dapat dibuat dengan atau tanpa event di kalender SharePoint. Meeting Workspace juga dapat dibuat melalui aplikasi kolaborasi/email client yang kompatibel, contohnya adalah Microsoft Office Outlook 2010.
Pada saat mulai membuat Meeting Workspace, maka kita akan diminta untuk memilih template situs Meeting. Template-template ini menyediakan sturktur dasar dan tampilan dasar dari situs Meeting-nya. Template yang sudah disediakan oleh SharePoint antara lain:
  • Blank Meeting Workspace, berupa situs Meeting yang kosong, yang dapat dimodifikasi sesudah proses pembuatannya.
  • Basic Meeting Workspace, berisi List Objective, Attendees, Agenda, dan satu Document Library.
  • Decision Meeting Workspace, berisi List Objective, Attendees, Agenda, Document Library, Tasks dan Decisions.
  • Social Meeting Workspace, berisi List Attendees, Directions, Image/Logo, Discussions dan Photo Library.
  • Multipage Meeting Workspace, berisi List Objective, Attendees, Agenda, ditambah dengan 2 (dua) halaman kosong yang isinya dapat dimodifikasi.
Meeting Workspace dilengkapi juga dengan kemampuan untuk mengatur pertemuan yang berulang (berseri). Jadi, satu site Meeting Workspace dapat digunakan untuk menampilkan beberapa informasi dan dokumen dari beberapa pertemuan yang berseri. Setiap tanggal pertemuan akan berisikan informasi dan dokumen masing-masing dan dapat diedit/dimodifikasi di masing-masing tanggal.
Posting berikutnya akan membahas mengenai pembuatan Meeting Workspace:
  1. Membuat Meeting Workspace Dengan SharePoint 2010 tidak terkait dengan event.
  2. Membuat MEETING dengan SharePoint 2010 Workspace dengan Event.
  3. Membuat Situs atau website MEETING di SHAREPOINT 2010 melalui OUTLOOK 2010.
Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

SharePoint itu APA Sih....??!

Penyempurnaan DBCC CHECKDB di SQL Server 2008