Membuat Aplikasi sederhana degan MVC pada Microsoft Visual Studio

Tujuan dari pelajaran  ini adalah untuk memberikan rasa "bagaimana rasanya" untuk membangun aplikasi ASP.NET MVC. Dalam pelajaran ini, saya tampilkan melalui membangun aplikasi ASP.NET MVC seluruh dari awal sampai akhir. Saya akan menunjukkan bagaimana untuk membangun aplikasi dari database sederhana yang lalu menggambarkan bagaimana Anda bisa membuat, mengedit dan menampilkan data.
Untuk mempermudah proses membangun aplikasi kita, kita akan mengambil keuntungan dari fitur perancah dari Visual Studio 2008. Kami akan membiarkan Visual Studio menghasilkan kode awal dan konten untuk pengendali kami, model, dan pandangan.
Jika Anda pernah bekerja menggunakan Active Server Pages (ASP.NET), maka Anda harus mencari ASP.NET MVC biasa di kenal dengan ASP.NET MVC pandangan sangat mirip dengan halaman dalam sebuah Server Pages aplikasi Active. Dan, seperti aplikasi ASP.NET Web Forms tradisional, ASP.NET MVC menyediakan Anda dengan akses penuh ke set kaya bahasa dan kelas yang disediakan oleh NET framework.
Harapan saya adalah bahwa tutorial ini akan memberi Anda rasa bagaimana pengalaman membangun aplikasi ASP.NET MVC adalah baik mirip dan berbeda dari pengalaman membangun Active Server Pages atau ASP.NET Web Forms aplikasi.

Gambaran tentang “Daftar Filem Application”

Karena tujuan kami adalah untuk menjaga hal-hal sederhana, kita akan membangun aplikasi Movie Database yang sangat sederhana. Aplikasi Movie Database sederhana kami akan memungkinkan kita untuk melakukan tiga hal:
1.       Daftar satu set catatan database film
2.       Create sebuah catatan database film baru
3.       Edit sebuah catatan database film yang ada
Sekali lagi, karena kita ingin menjaga hal-hal sederhana, kita akan mengambil keuntungan dari jumlah minimum fitur kerangka ASP.NET MVC yang dibutuhkan untuk membangun aplikasi kita. Sebagai contoh, kita tidak akan mengambil keuntungan dari Test-Driven Development.
Dalam rangka untuk menciptakan aplikasi kita, kita harus menyelesaikan setiap langkah-langkah berikut:
1.       Bikin sebuah ASP.NET MVC Web Application Project
2.       Bikin sebuah database
3.       Bikin sebuah database model
4.       Bikin sebuah ASP.NET MVC controller
5.       Bikin sebuah ASP.NET MVC views

Persiapan

Anda akan memerlukan Visual Studio 2008 atau Visual Web Developer 2008 Express untuk membangun aplikasi ASP.NET MVC. Anda juga perlu men-download kerangka ASP.NET MVC.
Jika Anda tidak memiliki Visual Studio 2008, maka Anda dapat men-download versi trial 90 hari Visual Studio 2008 dari website ini:

Atau, Anda dapat membuat aplikasi ASP.NET MVC dengan Visual Web Developer Express 2008. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan Visual Web Developer Express maka Anda harus memiliki Service Pack 1 diinstal. Anda dapat men-download Visual Web Developer 2008 Express dengan Service Pack 1 dari website ini:

Setelah Anda menginstal salah Visual Studio 2008 atau Visual Web Developer 2008, Anda perlu menginstal kerangka ASP.NET MVC. Anda dapat men-download kerangka ASP.NET MVC dari situs berikut:

Note: men-download kerangka ASP.NET dan kerangka ASP.NET MVC secara individual, Anda dapat mengambil keuntungan dari Web Platform Installer. Web Platform Installer adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengelola aplikasi yang terinstal adalah komputer Anda:

Membuat sebuah ASP.NET MVC Web Application Project 

Mari kita mulai dengan membuat sebuah proyek aplikasi Web ASP.NET MVC baru di Visual Studio 2008. Pilih opsi menu File, New Project  dan Anda akan melihat kotak dialog New Project pada Gambar 1. Pilih C # sebagai bahasa pemrograman dan pilih proyek Template ASP.NET MVC Aplikasi Web. Berikan proyek Anda nama MovieApp dan klik tombol OK.




Gambar  1  Sebuah Kota Dialog New Project

Pastikan bahwa Anda memilih .NET Framework 3.5 dari daftar dropdown di bagian atas dialog New Project atau ASP.NET MVC Aplikasi Web proyek template yang tidak akan muncul.
Setiap kali Anda membuat proyek aplikasi Web baru MVC, Visual Studio meminta Anda untuk membuat sebuah proyek uji unit terpisah. Dialog dalam Gambar 2 muncul. Karena kita tidak akan menciptakan tes dalam tutorial ini karena keterbatasan waktu (dan, ya, kita harus merasa sedikit bersalah tentang hal ini) pilih opsi No dan klik tombol OK.




Gambar  2 Kota Dialog Membuat Unit Test Project
Aplikasi ASP.NET MVC memiliki seperangkat standar folder: a Model, Views, dan folder Controller. Anda dapat melihat ini menetapkan standar folder di jendela Solution Explorer. Kita harus menambahkan file ke masing-masing Model, Views, dan Controller folder dalam rangka membangun aplikasi Movie Database kami.
Ketika Anda membuat aplikasi MVC baru dengan Visual Studio, Anda mendapatkan aplikasi sampel. Karena kami ingin memulai dari awal, kita perlu menghapus konten untuk contoh aplikasi ini. Anda perlu untuk menghapus file berikut dan folder berikut:
·         Controllers\HomeController.cs
·         Views\Home





Comments

Popular posts from this blog

SharePoint itu APA Sih....??!

Penyempurnaan DBCC CHECKDB di SQL Server 2008