Sekilas tentang registry windows

Apa itu registry?
Registry adalah informasi database yang berada pada sistem operasi microsoft windows 95 ke atas. Database ini menyimpan pengaturan yang kita lakukan pada komputer. Setiap kali program dimulai dan setiap kali windows melakukan suatu operasi, registry akan mengisinya dengan variabel yang mengatur sistem komputer.


SIAPAPUN YANG MENGUASAI REGISTRY BERARTI DIA MENGUASAI JANTUNGNYA WINDOWS

Jadi registry adalah database terpusat yang dipakai oleh windows dan aplikasiaplikasi windows untuk menyimpan informasi konfigurasinya. Informasi ini berisi sistem perangkat keras, perangkat lunak, dan aplikasi komunikasi. Setiap program yang ada dapat mengubah dan mengambil informasi ini bilamana diperlukan.
Pada versi awal windows, informasi konfigurasi disimpan dalam file teks yang bernama autoexec.bat dan config.sys. File ini masih didukung oleh windows untuk masalah kompatibilitas dengan program aplikasi yang lama. Sebagai gantinya windows dan aplikasi-aplikasi barunya memakai registry.
Registry secara prinsip akan menyimpan dua jenis informasi yang mendasar, yaitu:
  1. Global information :
    informasi ini amat penting untuk operasi dasar dari hardware dan software pada komputer.
  2. User specific information :
    Bagian ini berisi pengaturan kostumasi pemakai, seperti layout dari desktop windows dan pilihan-pilihan yang telah kita atur, baik itu untuk windows itu sendiri maupun pada aplikasi windows.
Kita dapat melakukan pengubahan data pada registry dengan beberapa cara, secara kasar jenis pengubahan dibagi menjadi dua, yaitu secara otomatis dan secara manual.
  1. Modifikasi otomatis registry.
    Registry dapat berubah karena beberapa sebab. Pengubahan registry akan dilakukan secara otomatis oleh windows jika terjadi beberapa kondisi berikut :
    • isntalasi software,
    • manipulasi control panel,
    • definisi hardware saat startup.
  2. Modifikasi manual.
    Registry dapat berubah karena kita lakukan perubahan secara manual. Kita dapat melakukannya dengan :
    • Regedit. Dengan program ini kita dapat dengan bebas mengobrak-abrik data yang tersimpan rapi dalam suatu registry. Program ini merupakan program bawaan yang disediakan oleh windows.
    • Reg file. Pegubahan otomatis dapat kita lakukan dengan suatu file dengan jenis Reg. File ini dapat kita bentuk melalui program regedit atau kita dapat membuatnya dengan teks editor standar seperti notepad.



Comments

Popular posts from this blog

SharePoint itu APA Sih....??!

Penyempurnaan DBCC CHECKDB di SQL Server 2008